Thursday 28 June 2012

Ternyata Membaca Terlalu Dekat Bisa Lemahkan Penglihatan

JIKA Anda seorang wanita yang suka membaca buku, jangan memegang buku terlalu dekat dengan mata. Hal itu bisa melemahkan penglihatan Anda.

Wanita cenderung memegang bahan bacaan lebih dekat ke mata mereka daripada pria. Hal inilah mungkin yang menyebabkan wanita perlu kacamata baca,  tulis sebuah studi.

Para peneliti tidak menemukan perbedaan dalam kemampuan pria dan wanita untuk fokus pada objek dengan jarak dekat. Penelitian yang dilakukan ilmuwan di University of California ini dipublikasikan dalam jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science.

Para peneliti sedang mempelajari presbiopia, yaitu hilangnya penglihatan jarak dekat karena faktor usia. Kemerosotan penglihatan dikarenakan kakunya lensa bola mata yang menyebabkan lebih sulit melihat objek dekat, penglihatan kabur, dan kebutuhan akan kacamata baca.

“Temuan ini dapat mempengaruhi perawatan global terhadap indera penglihatan dalam berbagai cara. Ini juga menunjukkan bahwa presbiopia merupakan masalah ganda dan membutuhkan solusi yang bisa disesuaikan dengan masing-masing individu,” tutur peneliti, seperti dilansir Dailymail.

0 comments:

Post a Comment