Thursday 21 June 2012

Bangun Lebih Pagi bisa bikin Langsing

Ingin langsing, coba untuk bangun tidur lebih awal dari biasanya. Sebuah studi terbaru belum lama ini dari para peneliti di Universitas Roehampton, London, Inggris, menemukan bukti bahwa seseorang yang bangun lebih pagi bisa memiliki tubuh lebih ramping. Hal tersebut terjadi karena mereka merasa lebih bahagia dan sehat ketimbang mereka yang bangun di siang hari.

Selain itu Zee News juga melansir bahwa para peneliti di Universitas Roehampton menyimpulkan, mereka yang mampu bangun lebih pagi cenderung mengerjakan kegiatan di pagi hari lebih cepat. Bahkan bagi para ibu, kegiatan mempersiapkan anak-anak mereka pun dapat diselesaikan lebih awal.

Sementara bagi para pekerja, mereka cenderung akan lebih berkembang karena telah mempersiapkan diri dengan baik. Sebaliknya, mereka yang tidur lebih malam justru rentan merasa tertekan atau stres sehingga memicu tubuh menjadi lebih gemuk.

Menurut hasil survei para peneliti kepada 1.068 orang dewasa mengenai kesehatan dan kebiasaan tidur mereka, "morning people" umumnya bangun pagi sekitar pukul 06.58. Sementara, "evening people" biasanya baru akan bangun sekitar pukul 08.54 untuk memulai hari mereka. Pada akhir pekan kedua kelompok menikmati sekitar satu jam tambahan untuk bangun lebih siang.

"Ada orang pagi dan orang malam, dan orang-orang pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia serta memiliki indeks massa tubuh lebih rendah," ungkap Dr. Joerg Huber di British Psychological Society.

Berdasarkan hasil survei tersebut, peneliti ternyata juga menemukan bahwa orang yang banyak menonton televisi lebih mungkin untuk sarapan pagi ketimbang mereka yang tidak menonton televisi.

0 comments:

Post a Comment