Saturday 30 June 2012

Pertolongan Pertama Atasi Luka Bakar

LUKA bakar ringan saat memasak atau memadamkan lilin dapat diobati dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Apa sajakah?

Dalam kegiatan sehari-hari di rumah, khususnya bagi ibu yang seringkali sibuk di dapur tentu kerap mengalami luka bakar ringan. Misalnya, tidak sengaja terkena wajan yang panas. Walaupun banyak obat luka yang dapat dengan instan menyembuhkannya, namun ada juga obat alaminya.

Berikut obat alami untuk atasi luka bakar ringan, sebagaimana dilansir Boldsky.

Es

Mengaplikasikan es di atas luka merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi luka bakar. Jika Anda mendapatkan luka bakar, segeralah ambil beberapa es batu dari lemari es dan gosokkan pada area yang terbakar selama 10 hingga 15 menit. Pendinginan luka bakar akan mengurangi pembengkakan karena panas dari kulit dan juga mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Tomat

Tomat sangat bermanfaat bagi kulit karena memiliki beberapa bahan alami yang menyembuhkan luka bakar dengan cara yang efektif. Iris tomat dan tahan pada luka bakar hingga air sari tomat mengering. Tomat merupakan salah satu pertolongan luar biasa dalam menangani luka bakar di rumah.

Putih telur

Mengaplikasikan putih telur di atas kulit yang terbakar dapat meredakan rasa panas. Oleskan putih telur pada kulit terbakar dan biarkan mengering. Anda perlu menerapkannya berkali-kali untuk mengatasi rasa nyeri hingga luka mengering. Hal ini sangat baik untuk luka inflamasi.

BAHAN-bahan dapur bisa juga dijadikan obat alami untuk atasi luka bakar ringan. Apa sajakah?

Luka bakar ringan kerap terjadi dalam kegiatan sehari-hari di rumah, khususnya di dapur. Bila obat kimiawi habis, Anda bisa ambil bahan-bahan dapur sebagai gantinya.

Dalam kotak P3K tentu tersedia obat kecil untuk menangani luka. Obat luka bakar yang biasa disimpan di rumah memang memberikan bantuan penyembuhan instan. Hal ini juga mencegah terjadinya bekas luka di area yang terbakar.

Rahasia penyembuhan untuk luka bakar terletak di dapur Anda sendiri. Hal ini masih selalu dianjurkan oleh medis dokter sebagai pertolongan pertama untuk luka bakar.

Berikut lanjutan paparan obat alami untuk atasi luka bakar ringan, sebagaimana dilansir Boldsky.

Kunyit tempel

Kunyit memiliki kualitas luar biasa menyerap rasa sakit dari segala macam luka termasuk luka bakar. Oleskan kunyit yang sudah diparut pada luka bakar dan biarkan kering. Ajaib, rasa sakit akibat luka bakar langsung hilang.

Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya merupakan salah satu solusi terbaik mengatasi luka inflamasi secara alami. Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya di rumah, potong batangnya dan ambil getahnya, kemudian oleskan pada kulit yang terbakar. Ini tidak hanya mengurangi rasa sakit, tapi juga mencegah bekas luka dari bekas yang permanen.

Pasta gigi

Meskipun bukan obat alami luka bakar, pasta gigi merupakan peredam rasa sakit yang sangat baik. Oleskan sedikit pasta gigi putih pada kulit terbakar dan biarkan kering. Jika perlu ulangi proses ini dua hingga tiga kali.

0 comments:

Post a Comment