Wednesday 20 June 2012

Ramuan Tradisional Atasi Alergi Kulit

ALERGI kulit memang menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk mengatasinya, ramuan tradisional dapat menjadi pilihan.

Penyebab alergi kulit dapat disebabkan karena berbagai faktor. Selain paparan sinar matahari, bahan pakaian yang tak nyaman, hingga makanan dapat menjadi penyebabnya. Singkatnya, alergi pada kulit merupakan reaksi hipersensitif terhadap suatu zat. Penyembuhan alergi kulit dapat disembuhkan dengan perawatan yang tepat, salah satunya memberikan pengobatan alami berikut ini, seperti dilansir Boldsky.

Air

Minumlah air sebanyak mungkin. Air merupakan obat alami untuk alergi kulit. Air mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membersihkan sistem di dalamnya. Air juga mengencerkan sekresi dan menyembuhkan alergi kulit.

Lemon

Peras beberapa buah lemon hingga terkumpul air sarinya. Gunakan kapas agar air sari lemon meresap ke kapas. Lalu oleskan pada kulit yang alergi. Selain itu, campurkan air sari lemon dengan minyak kelapa lalu oleskan pada kulit yang alergi dan biarkan semalaman.

Pasta daun nimba

Pohon nimba bagi masyarakat Indonesia umumnya masih dikenal hanya sebagai pohon peneduh yang banyak berada di pinggir-pinggir jalan. Karena itu, manfaat utama tanaman ini banyak dirasa bagi kita para pejalan kaki dan menjadi napas bagi udara kota.

Padahal, ekstrak dari daun, kulit, dan bunga nimba selama ini digunakan di India untuk melawan bakteri patogen dan jamur. Cabang pohonnya pun dapat digunakan sebagai pengganti pasta gigi. Tak hanya itu, ekstrak nimba juga digunakan untuk mengontrol penyebaran malaria.

Daun nimba yang mengandung anti-bakteri pun baik untuk mengatasi masalah kulit. Untuk menyembuhkan alergi kulit, rendam daun nimba selama enam hingga delapan jam dan kemudian buat pasta dari hasil rendaman itu. Oleskan pada kulit dan biarkan selama 30-45 menit. Bilas dengan air dingin.

ADA banyak ramuan tradisional yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi alergi pada kulit. Anda dapat memanfaatkan biji selasih hingga minyak kelapa guna mengusir alergi tersebut. Inilah ulasan lengkapnya.

Serangan alergi kulit dapat terjadi karena berbagai penyebab, mulai dari debu hingga makanan. Pada kondisi kulit yang sensitif, alergi kulit akan lebih rentan terjadi. Untuk itu, diperlukan penanganan khusus agar serangan alergi tak meluas. Menggunakan ramuan tradisional menjadi salah satu antisipasinya. Berikut ini beberapa solusinya, seperti dilansir Boldsky.

Biji selasih

Giling biji selasih di penggilingan dan tambahkan beberapa tetes perasan lemon di dalamnya. Oleskan "adonan" tersebut pada kulit untuk menyembuhkan alergi.

Minyak kelapa

Oleskan minyak kelapa hangat pada kulit yang terkena alergi dan biarkan semalaman. Minyak kelapa yang mengandung zat antibakteri di dalamnya ini akan mengelupas kulit yang alergi tersebut.

Mandi

Mandi adalah salah satu cara tradisional yang ampuh untuk menyembuhkan alergi kulit secara alami. Namun, hindari mandi air panas atau hangat karena hal tersebut dapat menyebabkan peradangan kulit. Sebaliknya, gunakan air dingin untuk meredakan iritasi.

0 comments:

Post a Comment