Saturday 30 June 2012

Cara Cegah Infeksi Amandel

RADANG amandel atau tonsilitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman. Jika amandel sudah meradang dan dibiarkan saja, ini dapat berbahaya. Jadi, jaga amandel agar tak bermasalah dengan kiat-kiat ini.

Amandel jika dibiarkan secara terus-menerus akan berakibat fatal menjadi amandel kronis atau akut. Amandel jika terus mengalami peradangan dan pembengkakan akan saling bertemu dan mengganggu keluar masuknya udara, serta oksigen yang dilalui oleh rongga mulut dan hidung.

Amandel sebenarnya dapat disembuhkan tanpa harus melakukan tindakan operasi pengangkatan dan pembedahan amandel. Namun, kebanyakan di antara mereka yang mengalami pembengkakan amandel yang semakin kronis dilakukan operasi pembedahan amandel yang tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar.

Tonsilitis merupakan masalah tenggorokan yang terjadi, terutama selama musim hujan dan musim dingin. Bila Anda tahu bahwa perubahan musiman ini menyebabkan infeksi tenggorokan, yang terbaik ialah mencegah terjadinya peradangan sebelum Anda sakit tenggorokan dan batuk.

Berikut beberapa cara untuk mencegah penderitaan sakit amandel, sebagaimana dilansir Boldsky.

Minum teh herbal

Meminum teh herbal merupakan salah satu cara yang efektif dan sehat untuk mencegah radang amandel. Minum teh herbal dapat membunuh bakteri dan kuman yang menghasilkan batuk. Pilihlah teh hijau, teh kayu manis, teh cengkeh atau teh kapulaga. Teh-teh tersebut menyehatkan tubuh dan tenggorokan.

Hindari buah jeruk

Jika tenggorokan sedang terasa sakit atau gatal. Hindari dulu rasa asamnya jeruk. Karena asam dalam buah jeruk dapat menyebabkan infeksi tenggorokan.

Namun, bukan berarti Anda benar-benar harus menghindari makan buah jeruk. Ketika tenggorokan Anda gatal atau sakit, baiknya hindari buah jeruk seperti jeruk nipis, jeruk lemon, serta stroberi yang rasanya asam. Selain itu saat musim hujan, hindari buah-buahan langsung dari kulkas. Buah-buah dingin dapat memicu keparahan pada radang.

Hindari tembakau

Tembakau membuat tenggorokan kering dan membuat lebih rentan terhadap infeksi. Jadi, hindari merokok terutama selama musim hujan.

Bersih-bersih perlengkapan rumah

Cuci seprai, bantal, guling, dan selimut sekali dalam sepekan. Ini mencegah debu dan kuman menetap dalam rumah. Cuci juga mainan lunak, seperti boneka dan gunakan selalu pakaian yang rapi dan bersih setiap hari.

Konsumsi makanan sehat

Terlepas dari daftar pencegahan dan tindakan pencegahan, Anda harus minum banyak cairan agar terhindar dari radang tenggorokan. Pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan baik dan miliki pola makan yang  sehat.

Hindari konsumsi berlebihan junk food dan makanan berminyak. Waspadalah jika tenggorokan mulai terasa gatal atau sakit. Ini dapat gejala tonsilitis.

0 comments:

Post a Comment